FAQ

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

SHE CREATES CHANGES: GREEN CAMP

Apa itu  Program She Creates Change: Green Camp?

She Creates Change: Green Camp adalah program beasiswa yang akan mempertemukan 25-30 orang perempuan penggerak perubahan (changemakers) dari seluruh Indonesia untuk bekerjasama, menginspirasi dan mendukung satu sama lain dalam kampanye-kampanye terkait lingkungan hidup dan perlindungan alam. 

Kapan dan dimana acaranya?

Program akan dilakukan secara daring dengan beberapa sesi pertemuan setiap minggu dari Desember 2020 hingga Januari 2021. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan dari tempatnya berdomisili atau di kediamannya masing-masing.

Apakah saya harus membayar untuk ikut program ini?

Program ini tidak dipungut biaya apapun. Peserta yang terpilih akan dilengkapi dengan infrastruktur daring yang dibutuhkan, misalnya modem, paket internet, webcam, headphone dan kuota listrik selama program pelatihan akan ditanggung oleh Change.org Indonesia. Selain itu peserta terpilih akan mendapatkan modal awal (seed funding) untuk mendukung kampanye yang digagasnya.

Siapa saja yang akan saya temui selama program berlangsung?

Antara Desember 2020 sd Januari 2021 kamu akan dipertemukan dengan perempuan penggerak perubahan lingkungan lainnya dari seluruh Indonesia. Peserta terpilih datang dari latar belakang dan pengalaman yang beragam sehingga membentuk sebuah komunitas yang akan saling menguatkan.

Program ini buat siapa?

Program ini terbuka untuk 

  • Perempuan dari seluruh Indonesia
  • Perempuan yang punya semangat, inisiatif, ide-ide kreatif untuk melakukan perubahan terhadap isu-isu lingkungan hidup dan perlindungan alam disekitarnya
  • Perempuan yang pernah atau sedang memulai kampanye untuk perlindungan lingkungan hidup, dari tingkat komunitas sekitar, kota, propinsi, maupun nasional. 

Selain pertemuan daring (online), apakah akan ada pertemuan offline selama pelatihan ini?

Di penghujung program, kami berharap dapat menyelenggarakan pertemuan secara langsung (offline), dengan protokol kesehatan yang ketat, dan jika situasi memungkinkan.

Apakah saya akan mendapat uang saku ketika ikut program ini?

Kami tidak memberikan uang saku kepada pada peserta. Akan tetapi kami akan memberikan modal awal (seed funding) bagi peserta terpilih untuk mendukung kampanye yang digagasnya.

Apakah saya harus punya komputer/laptop sendiri?

Jika kamu memiliki laptop di rumah, kami menganjurkan kamu untuk menggunakannya selama pelatihan. 

Bagaimana cara mendaftar Program ini? 

  1. Kamu dapat melakukan registrasi online dengan mengisi formulir pendaftaran online.
  2. Atau, kamu dapat memilih pendaftaran secara manual, dengan mendownload dan mengisi formulir pendaftaran dalam Word Document dan mengirimkannya melalui email kepada shecreateschange.id@change.org Formulir dapat diakses disini

Saat mendaftar, kamu akan diminta menjawab beberapa pertanyaan yang akan menentukan apakah kamu terpilih mengikuti program ini. Hari terakhir pendaftaran tanggal 22 November 2020

Kapan saya diberitahu jika saya terpilih?

Hasil akan diumumkan akhir November 2020 melalui email, dan akun media sosial Change.org Indonesia.

Apa saja yang akan saya pelajari selama mengikuti program ini? 

Di antara banyak materi yang akan diberikan, termasuk membangun jejaring dengan changemakers dari seluruh Indonesia. Kamu juga akan belajar bagaimana : 

  • Cara meluncurkan dan menjalankan kampanye yang sukses
  • Cara berpikir kritis tentang suatu masalah dan mencari solusinya
  • Cara membangun dukungan dengan komunitas online, menggunakan alat/media online dan menjangkau komunitas pribadimu.
  • Cara menjangkau para pembuat keputusan, influencers dan media 
  • Cara mengembangkan konten-konten yang efektif dan menjangkau masyarakat luas
  • Menggali dan mengenali pontensi diri.

Siapa saja yang akan menjadi fasilitator/pelatih? 

She Creates Change: Green Camp akan difasilitasi oleh fasilitator berpengalaman baik dari Change.org maupun dari organisasi lain. Kamu juga akan belajar dari narasumber-narasumber terlatih dan berpengalaman baik nasional maupun internasional yang memiliki keahlian dan pengetahuan khusus di bidangnya masing-masing.

Apa yang harus saya lakukan setelah selesai mengikuti program?

Setelah kegiatan pelatihan berakhir, kamu akan tergabung dalam sebuah komunitas ‘She Creates Change’ yang disiapkan untuk mendukungmu dan para changemaker lainnya dalam upaya menggerakkan perubahan lingkungan. Komunitas She Creates Change akan terhubung melalui kanal-kanal komunikasi yang disepakati bersama dan akan menjadi ruang belajar dalam mendukung semua peserta saat mempraktikkan keterampilan kampanye yang diperoleh selama program. 

KEHADIRAN 

Apakah bisa jika saya hadir hanya sekali-sekali saja?

Program ini dirancang untuk membangun keterampilan kampanye dan komunikasi peserta secara bertahap antara Desember 2020 dan Januari 2021. Oleh karena itu, sangat penting untuk hadir di keseluruhan kegiatan program. Kamu akan terlibat secara penuh dan belajar dari sejumlah profesional terlatih dan beberapa juru kampanye. Karena materi program yang padat dan juga waktu yang terbatas, kami memerlukan komitmen dari semua peserta untuk menghadiri semua sesi selama program ini berlangsung

Apakah ada dokumentasi dari kegiatan She Creates Change Green Camp sebelumnya yang bisa saya pelajari?

Ada. Kamu bisa menonton video program She Creates Change 2019 pada tautan berikut ini.

Written by
Arief Aziz
August 19, 2019 4:02 am