FAQ

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

SHE CREATES CHANGES: GREEN CAMP

Apa itu  Program She Creates Change: Green Camp?

She Creates Change: Green Camp adalah program beasiswa selama lima hari yang akan mempertemukan 20 orang perempuan penggerak perubahan (changemakers) dari seluruh Indonesia untuk bekerjasama, menginspirasi dan mendukung satu sama lain dalam kampanye-kampanye terkait lingkungan hidup dan perlindungan alam. 

Kapan dan dimana acaranya?

Program akan dilakukan selama 5 hari, 24-28 Oktober 2019 di Cianjur, Jawa Barat. Peserta wajib ikut secara keseluruhan.

5 hari saja?

Di 5 hari itu kamu akan dipertemukan dengan Changemaker lainnya, dan dipandu oleh fasilitator dan para ahli kampanye untuk merancang kampanye-kampanyemu baik masing-masing maupun bersama. Tapi, setelah itu, kamu akan ada terus di dalam komunitas SCC, dimana kamu diharapkan menjalankan rencana kampanyemu dan membuat perubahan. 

Program ini buat siapa?

Program ini terbuka untuk 

  • Perempuan seluruh Indonesia termasuk perempuan penyandang disabilitas. 
  • Perempuan yang punya semangat, inisiatif, ide-ide kreatif untuk melakukan perubahan terhadap isu-isu lingkungan hidup dan perlindungan alam disekitarnya
  • Perempuan yang pernah atau sedang memulai kampanye untuk perlindungan lingkungan hidup, dari tingkat komunitas sekitar, kota, propinsi, maupun nasional. 

Dimana akan diadakan?

Program She Creates Change: Green Camp akan diadakan di Cianjur, Jawa Barat. Lokasi pelatihan dapat ditempuh sekitar 2 jam 30 menit berkendara dari Jakarta dengan kondisi lalu lintas normal. Peserta terpilih akan mendapatkan informasi lebih lanjut terkait detail lokasi.

Apakah saya harus membayar untuk ikut program ini?

Tidak. Program ini tidak dipungut biaya apapun. Biaya perjalanan (termasuk tiket pesawat jika ada), menginap, makanan dan program pelatihanmu selama 5 hari akan ditanggung oleh Change.org Indonesia. Biaya lain yang muncul di luar yang disebutkan diatas akan menjadi tanggungan peserta. 

Apakah saya akan mendapat uang saku ketika ikut program ini?

Kami tidak memberikan uang saku kepada pada peserta. 

Apakah saya harus membawa komputer/laptop sendiri?

Jika kamu memiliki laptop di rumah yang dapat kamu bawa selama pelatihan, kami menganjurkan kamu untuk membawanya. 

Bagaimana cara mendaftar Program ini? 

Klik disini untuk mengisi formulir pendaftaran online. Kamu juga bisa mendownload formulir (Word), mengisinya, dan mengirimkannya ke dmurni@change.org. 

Saat mendaftar, kamu akan diminta menjawab beberapa pertanyaan yang akan menentukan apakah kamu terpilih mengikuti program ini. Hari terakhir pendaftaran tanggal 20 September 2019

Kapan saya diberitahu jika saya terpilih?

Hasil akan diumumkan akhir september melalui email, dan akun media sosial Change.org Indonesia.

Apa saja yang akan saya pelajari selama mengikuti program ini? 

Di antara banyak materi yang akan diberikan, termasuk membangun jejaring dengan changemakers dari seluruh Indonesia. Kamu juga akan belajar bagaimana : 

  • Cara meluncurkan dan menjalankan kampanye yang sukses
  • Cara berpikir kritis tentang suatu masalah dan mencari solusinya
  • Cara membangun dukungan dengan komunitas online, menggunakan alat/media online dan menjangkau komunitas pribadimu.
  • Cara menjangkau para pembuat keputusan, influencers dan media 
  • Cara mengembangkan konten-konten yang efektif dan menjangkau masyarakat luas

Siapa saja yang akan menjadi fasilitator/pelatih? 

She Creates Change: Green Camp akan difasilitasi oleh fasilitator berpengalaman baik dari Change.org maupun dari organisasi lain. Kamu juga akan belajar dari narasumber-narasumber terlatih dan berpengalaman baik nasional maupun internasional yang memiliki keahlian dan pengetahuan khusus di bidangnya masing-masing.

Apa yang harus saya lakukan setelah selesai mengikuti program?

Setelah kegiatan pelatihan berakhir, kamu akan tergabung dalam sebuah komunitas ‘She Creates Change’ yang disiapkan untuk mendukungmu dan para changemaker lainnya dalam upaya menggerakkan perubahan lingkungan. Komunitas She Creates Change akan terhubung melalui kanal-kanal komunikasi yang disepakati bersama dan akan menjadi ruang belajar dalam mendukung 20 peserta saat mempraktikkan keterampilan kampanye yang diperoleh selama program. 

KEHADIRAN 

Apakah bisa jika saya hadir hanya 3 hari saja?

Program ini dirancang untuk membangun keterampilan kampanye dan komunikasi peserta secara bertahap selama 5 hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk hadir di keseluruhan kegiatan program. Kamu akan terlibat secara penuh dan belajar dari sejumlah profesional terlatih dan beberapa juru kampanye. Karena materi program yang padat dan juga waktu yang terbatas, kami memerlukan komitmen dari semua peserta untuk menghadiri semua hari selama program ini berlangsung

Bolehkah saya tiba di lokasi lebih cepat atau pulang beberapa hari kemudian? Akankan disediakan perpanjangan akomodasi?

Kami dengan senang hati membantu memesan tiket bagi peserta yang ingin datang lebih awal dan/atau pulang lebih lama, pengaturan ini dapat diajukan dengan mengisi formulir perjalanan yang dipersiapkan panitia. Namun demikian, secara finansial kami tidak dapat menanggung akomodasi dan biaya-biaya lainnya bagi peserta diluar jadwal kegiatan yang telah ditetapkan.

LOGISTIK, TRANSPORTASI DAN AKOMODASI

Apakah pihak panitia akan mengurus transportasi atau tiket penerbangan bagi peserta yang berasal dari luar kota?

Untuk pengaturan transportasi, peserta terpilih akan diminta mengisi formulir perjalanan. Silahkan beri tahu kami tentang kebutuhan perjalananmu dan kami akan berusaha sebaik mungkin untuk mengakomodasinya. Bagi peserta yang berasal dari luar kota, kami akan melakukan pemesanan tiket dan mengatur transportasi lokal bagi mereka selama perjalanan. Bagi peserta yang berasal dari dalam kota Jabodetabek, panitia akan mengatur transportasi menuju dan dari lokasi acara. 

Seberapa jauh lokasi kegiatan dari Bandara Soekarno Hatta?

Lokasi pelatihan berada 120 km dari Bandara Soekarno Hatta dan dapat ditempuh sekitar 3 jam berkendara dari Bandara dengan kondisi lalu lintas normal. 

Apakah akses menuju ke tempat pelatihan cukup mudah dan ramah bagi siapa saja?

Lokasi pelatihan cukup mudah di akses. Kami akan membuat pengaturan perjalanan untuk membuatnya lebih mudah diakses. 

Apakah saya akan mendapatkan kamar sendiri?

Kamu akan berbagi kamar dengan satu atau dua orang peserta lainnya. 

Apakah tersedia wifi?

Jaringan 4G bekerja dengan baik di lokasi pelatihan, dan wifi juga tersedia di titik-titik tertenti di lokasi.

Written by
Arief Aziz
August 19, 2019 4:02 am