She Creates Change

Kamu salah satu perempuan penggerak perubahan? Ada program keren buatmu!

Selama beberapa tahun terakhir, kami menyaksikan bahwa banyak kampanye-kampanye lingkungan yang sukses di platform Change.org diinisiasi atau digerakkan oleh perempuan. Contohnya saja kampanye “diet” mengurangi pemakaian kantong plastik, kampanye menolak penggunaan burung Cenderawasih asli sebagai aksesoris dan cinderamata, hingga kampanye menggerakkan dukungan publik untuk merayakan Hari Hutan Indonesia. Para perempuan-perempuan changemakers tersebut dengan sangat efektif berhasil memobilisasi ribuan hingga sejutaan lebih dukungan masyarakat terhadap kampanye yang digelutinya.

Kami percaya ada banyak perempuan-perempuan penggerak perubahan lainnya dari berbagai pelosok Indonesia. Apalagi sekarang, saat krisis iklim menjadi ancaman global dan berdampak pada banyak aspek hidup masyarakat, peran perempuan dalam membangun dan memimpin gerakan sosial jadi semakin krusial. Faktanya, perempuan seringkali menjadi korban yang paling terpinggirkan akibat terjadinya krisis iklim dan kerusakan lingkungan, sehingga keterlibatan dan solusi yang digerakkan oleh perempuan jadi semakin dibutuhkan dan sangat penting.

Di tahun 2019 kami sukses membuat program She Creates Change : Green Camp yang pertama dan berhasil membangun komunitas perempuan-perempuan penggerak perubahan untuk mendorong berbagai kampanye lingkungan dan gerakan-gerakan sosial.

Berangkat dari keberhasilan program yang pertama, di tahun 2020 ini Change.org Indonesia mempersembahkan She Creates Change : Green Camp 2.0, sebuah program beasiswa yang akan mempertemukan 25 hingga 30 orang perempuan penggerak perubahan dari berbagai pelosok Indonesia untuk bekerjasama, menginspirasi dan mendukung satu sama lain dalam kampanye-kampanye terkait lingkungan hidup dan perlindungan alam.

Beradaptasi di tengah situasi pandemi covid-19, kami akan menjalankan program ini secara daring dengan beberapa sesi setiap minggu dari Desember 2020 hingga Januari 2021. Program ini tidak dipungut biaya apapun. Peserta yang terpilih akan dilengkapi dengan infrastruktur daring yang dibutuhkan, serta modal awal (seed funding) untuk mendukung kampanye yang digagasnya.

Di penghujung program, kami berharap dapat menyelenggarakan pertemuan secara langsung (offline), dengan protokol kesehatan yang ketat, jika situasi memungkinkan.

Nah, kalau kamu perempuan peduli lingkungan yang sudah memulai perubahan, dan ingin bertemu changemakers lainnya dan membuat perubahan bersama, tunggu apa lagi? Segera daftar dibawah ini ya!


Siapa peserta yang kami cari?

  • Perempuan
  • Pernah atau sedang membuat perubahan di bidang lingkungan hidup, bahkan dikomunitasmu
  • Siap untuk memperbesar gerakanmu atau memulai perubahan-perubahan lain

Di SSC Green Camp ini, kamu akan:

  • Bertemu dan belajar dari changemakers perempuan lainnya yang bergerak dibidang lingkungan hidup
  • Mendapatkan pembelajaran-pembelajaran dari orang-orang yang telah sukses membuat perubahan melalui kampanye-kampanye sosial
  • Merancang sebuah kampanye perubahanmu sendiri, dibantu oleh sesama changemakers dan ahli-ahli kampanye lainnya. 
  • Tergabung dalam sebuah komunitas changemakers yang berdedikasi dalam membuat perubahan bersama, demi lingkungan hidup. 

Punya pertanyaan lain terkait program ini? Kunjungi FAQ ini.

Atau tonton video program She Creates Change 2019 ini

Cara daftar

  1. Kamu dapat melakukan registrasi online dengan mengisi formulir pendaftaran online.
  2. Atau, kamu dapat memilih pendaftaran secara manual, dengan mendownload dan mengisi formulir pendaftaran dalam Word Document pada folder ini dan mengirimkannya melalui email kepada shecreateschange.id@change.org
  3. Hari terakhir pendaftaran adalah 22 November 2020

Peserta yang terpilih akan diumumkan melalui email dan media sosial Change.org Indonesia pada akhir November 2020

Langsung daftar yaa. 

Written by
Arief Aziz
October 26, 2020 9:13 am