Tentang petisi

Koq tanda tangan petisi saya jumlahnya berkurang ya?

Terkadang, jumlah tanda tangan petisi bisa mengalami penurunan. Apa yang terjadi? Berikut penjelasannya.

Penurunan jumlah tandatangan pada sebuah petisi kadang terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu :

  1. Input penandatanganan yang salah, misalnya satu orang memasukkan tanda-tangan lebih dari sekali atau memasukan email yang tidak valid.
  2. Ada pihak yang membombardir sebuah petisi dengan tandatangan fiktif baik secara manual maupun menggunakan bot.

Sebagai platform digital, Change.org sangat serius memperhatikan masalah keamanan, baik soal keamanan pengguna maupun sistem. Kami memiliki fitur-fitur pengamanan untuk mencegah terjadinya pembobolan (breaching), ataupun untuk mendeteksi dan menghapus tanda tangan palsu (fraud), yang bisa berasal dari manusia ataupun akun bot. Fitur-fitur ini bekerja terus memindai situs dan melakukan koreksi secara berkala.  

Salah satu fitur ini adalah dengan otomatis mengaktifkan “Captcha” untuk memverifikasi pengguna asli. Ini diaktifkan pada petisi-petisi yang menunjukkan aktivitas mencurigakan.

Perlu diketahui, staff Change.org tidak memiliki akses maupun wewenang untuk mengubah, membatasi, atau menambah angka tandatangan pada sebuah petisi. Adapun wewenang staff Change.org adalah mencabut petisi atau menghapus komen yang melanggar ketentuan layanan kami, seperti menghasut kekerasan, pencurian identitas, pembahayaan anak-anak, dan lainnya.

Jika ada laporan mengenai dugaan kesalahan sistem, kami memiliki mekanisme report seperti di platform media sosial pada umumnya. Pengguna disarankan untuk memanfaatkan fitur tersebut agar kami bisa merespon dengan cepat. Untuk menghubungi kami secara langsung, bisa juga melalui akun media sosial Change.org Indonesia.

Ikuti kami diInstagram | Twitter | Facebook

Written by
Arief Aziz
October 16, 2018 12:24 pm