Catatan Akhir Tahun

Dinamika Gerakan Digital Tahun 2018

Tahun 2018 menjadi tahun yang penting bagi pergerakan netizen untuk perubahan, dilihat dari platform petisi online Change.org.

Bukan hanya jumlah suara yang meningkat cukup signifikan, dari 4 juta pengguna tahun lalu, menjadi 6,5 juta; tapi juga dari berbagai dampak yang terjadi.

Dari seluruh pengguna, tahun ini ada sekitar 2 juta pengguna yang mengalami kemenangan dalam petisi yang mereka dukung. Angka ini naik empat kali lipat dari tahun 2017. Artinya di tahun 2018, kurang lebih 1 dari 3 pengguna Change.org mengalami kemenangan.

Di luar dari petisi-petisi yang dinyatakan berhasil ada pula petisi-petisi yang belum berhasil tapi mengalami kemajuan yang penting. Semua itu bisa dilihat di infografis di bawah ini.

Dari kampanye-kampanye yang hadir tahun lalu, kita semua bisa melihat apa saja isu-isu yang paling dipedulikan oleh netizen Indonesia. Isu teratas adalah perihal lingkungan hidup; diikuti dengan perlindungan hewan, antikorupsi, kekerasan terhadap perempuan, demokrasi, dan toleransi.

Simak infografis rangkuman gerakan warganet tahun 2018 berikut ini.

 

Lihat infografis Dinamika Gerakan Digital 2017

Written by
Change.org
December 20, 2018 2:21 am