Survey

Ini pendapat 96 ribu lebih warganet tentang energi terbarukan

Apa sih energi terbarukan itu? Kebanyakan orang kalau ditanya tentang apa itu energi terbarukan, mungkin jawabannya bakal beragam, tergantung latar belakangnya, tingkat pendidikannya dan lain-lain. Nah, pandangan atau persepsi publik yang beragam itu penting sekali untuk diketahui agar pihak-pihak terkait dapat membangun komunikasi yang lebih efektif terkait isu energi terbarukan.

Untuk mengetahui bagaimana persepsi publik, khususnya pengguna internet, tentang energi terbarukan dan seluk beluknya di Indonesia, Koaksi dan Change.org Indonesia meluncurkan sebuah Survei Persepsi Publik tentang Energi Terbarukan yang dilakukan secara online dan diikuti oleh 96.651 responden. 

Survei online diadakan sekitar 40 hari dari tanggal 2 Mei 2019 sampai dengan 10 Juni 2019 yang disebarkan melalui platform Change.org, media sosial (Facebook, Instagram dan Twitter), dan aplikasi percakapan. Survei ini juga menjangkau pengguna internet di 34 provinsi di Indonesia.

Berikut ini kami sajikan hasil surveinya dalam bentuk infografis.

Demografi responden survei

Total sebesar 67,6 persen responden survei adalah responden usia muda antara 17 sd 30 tahun. Angka ini konsisten dengan kategori usia pengguna sosial media di Indonesia yang didominasi usia muda. Dari total responden yang mengisi survei, 50,6 persen nya adalah laki-laki dan 49,4 persen sisanya adalah perempuan.

Nah, lantas gimana persepsi responden tentang energi terbarukan dan sumber-sumbernya? Apa saja energi terbarukan menurut mereka? Dari mana mereka mendapatkan informasi tentang energi terbarukan, dan apa manfaatnya menurut mereka? Simak apa kata responden dibawah ini ya.

Bagaimana pandangan publik mengenai kondisi energi terbarukan di Indonesia saat ini? Apa tantangannya dan siapa yang menurut mereka paling bertanggungjawab dalam pengembangan energi terbarukan kedepannya?

Sebanyak 44% responden merasa pengembangan energi terbarukan di Indonesia belum berkembang. Semua responden (100%) pun setuju bahwa tantangan terbesar dalam mengembangkan energi terbarukan adalah ketidaksadaran masyarakat akan pentingnya energi terbarukan.

Terus, maukah responden pindah dari energi fosil dan mulai pakai energi terbarukan? 

Nah sekarang kita tahu banyak orang udah tertarik untuk beralih ke energi terbarukan agar lingkungan di Indonesia bisa jadi lebih baik. Kamu juga bisa jadi salah satu penggerak untuk mendorong pengambil keputusan, baik pemerintah atau DPR, mengambil kebijakan yang pro energi terbarukan. 

Bantu sebarkan info hasil survei persepsi ini ya biar lebih banyak orang yang ngerti tentang pentingnya energi terbarukan.

Salam,

Tim Change.org Indonesia

Written by
Arief Aziz
September 16, 2019 5:41 am