Catatan Akhir Tahun

Tahun 2021, Hampir Satu Juta Warganet Menangkan Petisi di Change.org

Melewati tahun kedua pandemi, gerakan dan aktivisme digital masyarakat terus teramplifikasi, termasuk melalui petisi daring di laman Change.org. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya 2,5 juta pengguna baru yang ikut menandatangani petisi-petisi di Change.org. 

Berbeda dengan tahun 2020 yang diwarnai oleh gerakan-gerakan terkait dengan omnibus law dan pandemi COVID-19, isu perlindungan anak dan lingkungan menjadi dua topik yang paling populer di tahun 2021. Petisi-petisi yang bertemakan perlindungan anak telah mengumpulkan 650 ribu tanda tangan, sementara isu lingkungan berhasil mengumpulkan dukungan dari 547 ribu warganet. 

Tanda tangan dari warganet ini bukan hanya untuk menunjukkan dukungan saja, tapi berhasil membawa perubahan dan kemenangan di berbagai petisi. Terbukti, hampir satu juta pengguna ikut mendukung petisi-petisi menuju kemenangan

Lihat daftar kemenangan petisi Change.org di sini

Change.org Indonesia juga melakukan dua survei untuk memetakan pendapat publik dan permasalahan yang dialami masyarakat selama pandemi. Pertama, survei bersama organisasi Into the Light untuk memetakan kesehatan mental masyarakat selama pandemi (hasil bisa dilihat di sini). Kedua, survei bersama KawalCOVID19 serta Katadata Insight Center, guna memetakan tanggapan masyarakat terhadap program vaksinasi pemerintah (hasil bisa dilihat di sini). 

Tahun 2021 juga menjadi tahun ketika para pengguna laman Change.org Indonesia dapat benar-benar terhubung dan berkomunikasi dengan para pembuat keputusan. Kementerian Kesehatan dan Satgas COVID-19 serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menjadi dua instansi yang paling responsif terhadap permintaan warganet di laman Change.org Indonesia. Kedua instansi merespon para pembuat petisi melalui fitur tanggapan di situs, serta melalui berbagai dialog, baik terbuka maupun yang tertutup.

Simak dinamika gerakan digital di Change.org Indonesia tahun 2021 lewat infografis di bawah, atau unduh di sini.

Baca infografis dan tren gerakan digital tahun 2020 di sini.

Written by
Arief Aziz
January 19, 2022 2:06 am