Victories

Lewat Petisi di Change.org dan Gerakan Sosial, Driver Gojek Tak Lagi Dilarang Demo!

Kemenangan dalam gerakan sosial baru saja diraih oleh para driver online aplikasi Gojek. Setelah menjalankan berbagai aksi, termasuk mengumpulkan dukungan lewat petisi di platform Change.org, kini Gojek tidak lagi memasukkan aturan yang menyebut ‘mengikuti aksi / demo’ ke dalam jenis pelanggaran tingkat V di Tata Tertib Gojek (Tartibjek).

Petisi ini dimulai oleh Asosiasi Driver Online setelah salah seorang driver yang mengikuti aksi di Semarang diputus kemitraannya karena ikut mogok kerja. Mereka meminta agar Gojek menghapuskan peraturan yang bisa membungkam hak berpendapat para driver.

Peraturan dimaksud adalah Pelanggaran Tingkat V yang berbunyi, ‘mengajak Driver lain untuk melakukan kegiatan demonstrasi/sweeping/offbid/segala hal yang dapat merugikan perusahaan atau mengganggu ketertiban umum’

“Branding Gojek selama ini adalah sebagai perusahaan platform ‘karya anak bangsa’ yang bersifat kekeluargaan dan peduli kepada driver online-nya. Tapi, ada drivernya yang bersuara tuntut keadilan, kok malah berpotensi diputus mitra?” kata Asosiasi mempertanyakan aturan ini lewat petisi. Untuk itulah mereka meminta agar Gojek menghapuskan peraturan yang dianggap membungkam driver.

Petisi ini kemudian didukung oleh hampir 6.326 warganet. Dukungan bukan hanya mengalir dari para driver Gojek, melainkan juga dari warganet secara umum. “Jika dilihat dari data pendukung, petisi ini banyak disebarkan melalui media sosial, sehingga penyebaran serta pengumpulan dukungannya cepat,” tutur Efraim Leonard, campaigner Change.org Indonesia.

Setelah tiga minggu disebarkan dan terus didukung, Gojek pun mengubah peraturan yang mereka miliki. Situs ‘Daftar Pelanggaran Tata Tertib Gojek’ tampak diubah pada 7 April 2022 kemarin, dan peraturan yang digugat para driver juga sudah dihapuskan.

“Ini adalah kemenangan kecil yang telah kita raih, kemenangan agar semua driver online mendapatkan hak untuk bebas berpendapat, demo, dan mogok. Yakinlah, kemenangan-kemenangan lain pasti bisa kita dapatkan,” kata Asosiasi dalam pernyataan kemenangan di petisi. (EL)

Written by
Arief Aziz
April 14, 2022 4:16 am