Pedoman Komunitas

Sebagai platform terbuka, kami berkomitment menjaga kebebasan berbicara. Kamu akan melihat pendapat yang sangat beragam karena pendapat tersebut ditulis oleh orang dari berbagai komunitas dan latar belakang. Semua orang dapat menggunakan Change.org terlepas siapa mereka, dimana mereka tinggal, dan apa kepercayaan mereka, selama mereka mematuhi beberapa peraturan sederhana untuk menjaga platfrom ini tetap aman dan terbuka untuk pengguna lainnya. Peraturan ini berlaku untuk semua konten yang kamu unggah termasuk komentar, foto profil, dan username.

Kami telah menyusun Pedoman Komunitas dan juga Ketentuan Layanan yang menjelaskan peraturan penggunaan Change.org.

Anjuran

Pertama-tama, ada beberapa hal yang kami ingin kamu lakukan di Change.org:

  • Utarakan permasalahan apa pun yang kamu ingin ubah. Ceritakan narasi personalmu saat memulai petisi. Mendengar bagaimana kamu dipengaruhi oleh sebuah masalah, hal ini dapat berdampak besar bagi pembaca. Jelaskan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kamu, keluarga, teman, atau orang-orang sekitarmu. Lalu, jelaskan solusinya, dan bagaimana orang lain dapat mengambil bagian.
  • Pilih pengambil keputusan (target petisi) yang dapat memberikan apa yang kamu inginkan. Seorang pengambil keputusan bisa saja individu, kelompok, atau perusahaan tertentu yang memiliki kemampuan langsung dalam memperbaiki masalahmu. Bekerjasamalah dengan mereka secara konstruktif, baik di dalam maupun di luar platform kami untuk mendapatkan solusinya.
  • Mobilisasi teman-teman, keluarga, dan komunitasmu dengan menyebarkan petisimu untuk membangun kesadaran. Gunakan perangkat-perangkat dalam platform ini untuk menunjukkan kekhawatiranmu kepada orang lain melalui media sosial.
  • Terbukalah terhadap perbedaan dan dengar pendapat orang lain. Kamu mungkin sangat tidak setuju dengan isi petisi tersebut, tapi perubahan terjadi saat orang dari latar belakang dan pandangan yang berbeda dapat berpartisipasi dalam percakapan yang konstruktif. Selama susuai dengan Pedoman Komunitas, semua konten, terlepas dari seberapa kontroversial itu, diperbolehkan di plarfrom kami.
  • Update para pendukung petisimu atas perkembangan-perkembangan terbaru. Informasikan mengenai jatuh bangunnya kampanyemu, dan beri saran mengenai cara apa yang dapat mereka lakukan lebih lanjut secara online dan offline agar tetap terlibat. Para pendukungmu berjalan bersama kamu menuju ke kemenangan, jadi gandenglah mereka.

Anjuran “tidak”

Sekarang, ada hal-hal yang tidak kami inginkan di Change.org, yang dapat memaksa kami menghapus konten atau melarang akun pengguna. Jelasnya, yang kami maksud dengan “konten” adalah teks dan gambar petisi, nama pengguna, komentar, dan hal-hal lainnya yang merupakan kontribusimu dalam platform ini.

  • Tidak ada kekerasan – Kami tidak mengizinkan konten yang secara langsung menghasut, mengagungkan, mendukung, atau mendorong kekerasan terhadap siapa pun – ini termasuk dukungan untuk kelompok atau individu yang melakukan kekerasan. Terlepas dari seberapa bersemangat perasaanmu terhadap tentang suatu isu, jangan gunakan kekerasan untuk mengekspresikan perasaanmu atau mendukung perilaku serupa dari orang lain.
  • Tidak ada “Ujaran Kebencian” – Di Change.org kami menganggap ujaran kebencian sebagai konten apa pun yang secara langsung atau tidak langsung menyerang seluruh kelompok masyrakat karena karakteristik yang mereka miliki. Jangan memposting konten yang menyerang siapa pun berdasarkan pada:
    • umur,
    • warna kulit,
    • disabilitas,
    • asal etnis,
    • identitas gender,
    • kewarganegaraan,
    • asal negara,
    • ras,
    • agama,
    • jenis kelamin,
    • orientasi seksual,
    • kondisi kesehatan atau
    • status verteran.
  • Kami tidak mengizinkan konten (termasuk simbol dan logo) dari organisasi yang dikenali sebagai kelompok kebencian atau individu terkait di Change.org. Kami juga akan mempertimbangkan konten yang mendukung kelompok dan individu tersebut atau tujuan yang melanggar Pedoman Komunitas.
  • Jangan menyesatkan orang lain – Kami akan menghapus konten yang benar-benar salah dan berpotensi membahayakan pengguna kami.
  • Jangan mengambil identitas orang lain – Change.org dirancang untuk berbagi cerita-cerita orang-orang nyata yang mendukung isu-isu nyata. Kamu harus menggunakan alamat emailmu sendiri untuk memulai atau menandatangani petisi, dan kami tidak mengizinkan akun-akun ganda. Jangan menandatangani petisi untuk orang lain, menggunakan alamat email orang lain, atau berkedok seperti orang lain, termasuk tokoh publik atau organisasi.
  • Jangan melanggar privasi orang lain – Hampir semua konten di Change.org terbuka untuk publik, jadi hargailah privasi orang lain yang kamu sebutkan. Jangan memasang informasi pribadi, seperti alamat email pribadi, dokumen identitas, nomor kartu kredit, alamat rumah, nomor telepon pribadi, atau foto-foto orang dalam suasana pribadi yang dipasang tanpa izin mereka.
  • Jangan mengintimidasi atau “bullying” – kamu dapat menjadi influensial dan dalam waktu yang sama menghargai orang lain. Saat berupaya untuk membujuk para pembuat keputusan dan pengguna lain, fokuslah pada tindakan orang tersebut bukan pada sifat pribadi mereka. Walaupun debat dan ketidaksepahaman bisa terjadi, kami tidak mentoleransi pelecehan, kuntitan, ancaman, “trolling”, ataupun bentuk intimidasi lainnya.
  • Jangan eksplisit berlebihan – Konten yang kuat secara emosional dapat membangun atau menjatuhkan sebuah kampanye. Konten eksplisit dapat digunakan untuk mengutuk perilaku atau menunjukkan keseriusan sebuah permasalahan, namun beri peringatan kepada para pengguna untuk konten-konten seperti itu, jika dimungkinkan. Jangan mencantumkan kata-kata dan gambar yang penuh kekerasan, mengerikan, eksplisit secara seksual, atau menjengkelkan yang tidak semestinya.
  • Jangan membahayakan anak-anak – Hanya orang tua dan wali yang berhak memposting konten tentang anak-anak mereka secara online, termasuk gambar. Jangan gunakan Change.org untuk memposting konten yang melanggar peraturan tentang perlindungan anak, pornografi anak, atau eksploitasi seksual. Kami ingin melindungi anak-anak, yang merupakan salah satu alasan mengapa kamu harus berusia 16 tahun ke atas untuk menggunakan Change.org.
  • Jangan melakukan spam – Change.org digunakan untuk kepentingan umum. Tidak apa-apa bila kamu punya kepentingan komersial dalam keberhasilan petisimu, tetapi kamu tidak boleh menggunakan platform ini untuk menjual produk atau layanan secara langsung, pegiriman massal, komunikasi yang tidak diminta, atau perilaku seperti spam lainnya.
  • Jangan sertakan informasi pribadi seperti alamat emailmu, nomor telepon atau keterangan bank di unggahanmu pada Change.org.
  • Jangan melanggar hukum – kamu dapat menggunakan Change.org untuk membangkitkan kesadaran mengenai undang-undang yang ingin kamu ubah, namun, ini bukanlah platform untuk aktivitas ilegal. Pastikan bahwa menggunakan Change.org tidak melanggar hukum negara yang berlaku, termasuk undang-undang yang melindungi hak-hak orang lain. Misalnya, pastikan bahwa kami memiliki bukti untuk pernyataan yang kamu buat, karena kami bisa saja menghapus konten yang sudah ditetapkan secara hukum sebagai fitnah.

Sebagai pengingat, “konten” mengacu pada teks dan gambar dalam petisi, nama pengguna, komentar, dan apa pun yang kamu tuliskan di platform. Jika kami menemukan bahwa kontenmu melanggar Pedoman Komunitas atau Ketentuan Layanan kami, kami berhak untuk menghapusnya. Jika kamu mengunggah konten yang merupakan pelanggaran serius atau berulang, kami dapat menangguhkan atau menutup akunmu.

Laporkan masalah yang muncul!

Jika kamu menemukan konten di Change.org yang mengindikasikan adanya situasi darurat, misalnya, jika seseorang dalam bahaya, silakan beritahu kami, tetapi pertama-tama, segera hubungi pihak berwenang di tempatmu.

Kami memiliki puluhan ribu petisi yang dibuka di platform kami setiap bulan, yang jumlahnya terus bertambah. Kami mengandalkan pengguna untuk melaporkan pelanggaran-pelanggaran terhadap Pedoman Komunitas ini kepada kami.

Beritahu kepada kami jika kamu melihat salah satu dari “larangan” di atas. Cara terbaik adalah dengan log in dan klik “Tandai pelanggaran kebijakan” (di bawah “alasan penandatanganan”) pada petisi tersebut, atau dengan mengirimkan surat melalui Pusat Bantuan kami. Setelah kami menerima pengaduan tersebut, tim kami akan meninjau konten tersebut.

Lebih dari 440 juta orang dengan beragam perspektif menggunakan Change.org di 196 negara. Keragaman ini adalah suatu yang bernilai, namun ini juga berarti bahwa dapat dipastikan ada konten-konten yang mungkin Anda tidak sependapat. Kami percaya akan kekuatan kebebasan berpendapat di Internet, yang berarti kami tidak akan menyensor konten yang tidak melanggar Pedoman ini atau Ketentuan Layanan kami, walaupun hal tersebut mengejutkan atau menghina.

Cara yang paling efektif utuk menanggapi konten yang kamu temukan “ofensif” adalah dengan memulai petisi tandingan dan memobilisasi orang lain untuk melihat perspektifmu, daripada meminta Change.org untuk menghapus konten yang kamu tidak sukai. Kami selalu mendapati petisi dengan sudut pandang berlawanan dalam suatu permasalahan. Ini adalah salah satu keistimewaan dari sebuah platform yang terbuka.

Terima kasih telah mendukung perubahan dalam komunitasmu – kami tidak sabar menanti apa yang akan kamu ubah berikutnya!

Written by
pchew
February 26, 2018 11:29 pm