She Creates Change

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

WE CREATE CHANGE

Apa itu Change.org?

Change.org adalah wadah bagi siapa saja untuk memulai kampanye, menggalang dukungan, dan berdialog dengan pengambil keputusan untuk mendorong perubahan. Kami juga menciptakan dampak positif di beberapa komunitas paling termarginalisasi di dunia melalui program, penelitian, dan kemitraan untuk kampanye yang dipimpin warga.

Apa itu We Create Change?

We Create Change adalah program kepemimpinan yang membekali para pembuat perubahan (changemakers) muda yang berusia antara 18-35 tahun di Indonesia untuk bekerja sama, menginspirasi dan memberdayakan satu sama lain serta memimpin kampanye digital terkait krisis iklim dan perlindungan alam. Alumni program ini berkumpul dalam komunitas kolaboratif yang mendukung setiap changemakers untuk menciptakan dampak di sekitar mereka. We Create Change adalah tempat dimana kampanye sosial yang dipimpin masyarakat bertemu dengan ahli pembuat petisi dan kampanye di Change.org.

Tentunya, kamu bisa menjadi salah satu changemakers berikutnya 🙂

Perjalananmu sebagai changemaker We Create Change dimulai dengan program 6 minggu yang mencakup sesi online, tugas, dan kerja kolaboratif dengan changemakers lainnya. Kami menyebut periode ini Learning Lab. Learning Lab We Create Change pertama akan diadakan secara online mulai tanggal 15 Oktober 2022 hingga 25 November 2022.

Apa tujuan dari We Create Change?

  • Memberdayakanmu sebagai generasi muda, khususnya generasi muda dari komunitas termarginalisasi dan wilayah yang terkena langsung dampak krisis iklim, untuk tumbuh sebagai juru kampanye iklim. Di We Create Change Learning Lab, kami akan mengumpulkan 30 juru kampanye krisis iklim terpilih sepertimu dari seluruh Indonesia dan mendukung kalian untuk mulai menggunakan alat digital untuk kampanye.
  • Menghubungkan kamu, organisasi masyarakat sipil dan jaringan yang berfokus pada isu-isu serupa. Melalui program ini, changemakers terpilih akan berkolaborasi, memperluas kemampuan mereka, dan belajar dari satu sama lain. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kapasitas dan kepemimpinanmu, pembelajaran kolektif, serta pertukaran keterampilan, taktik dan strategi kampanye. Program ini juga akan menjadi wadah untuk saling bertukar cerita inspiratif baik dari para pegiat iklim yang sudah menjalankan kampanye maupun yang baru memulai kampanye. Ruang ini akan menghasilkan dukungan timbal balik untukmu dan changemakers lainnya, memperkenalkanmu pada alat dan peluang kampanye baru, dan menciptakan komunitas penggerak perubahan dalam skala nasional.
  • Membuat jaringan komunitas yang kuat dan mobilisasi kampanye setelah program. Setelah Learning Lab, kamu dan changemakers lainnya akan menerima dukungan kampanye dari tim Change.org, akan menerima sumber pembelajaran, dan akan tetap terhubung dengan komunitas We Create Change.

Isu lingkungan apa saja yang difokuskan?

Isu yang kami fokuskan pada program ini adalah isu yang berkaitan dengan krisis iklim dan perlindungan alam. Seperti Isu penggunaan lahan yang berkelanjutan, Sawit, Perlindungan Hutan, Masyarakat adat, konservasi keanekaragaman hayati dan keadilan iklim.

Untuk siapa program We Create Change?

Program ini terbuka untuk pemuda dari seluruh Indonesia, termasuk penyandang disabilitas, berusia 18-35 tahun. Anak muda yang memiliki semangat, inisiatif, ide kreatif untuk melakukan perubahan terhadap isu krisis iklim dan perlindungan alam.

Apa itu Learning Lab

Perjalananmu sebagai changemakers We Create Change dimulai dengan program 6 minggu yang mencakup sesi online, tugas, dan kerja kolaboratif dengan changemakers lainnya. Kami menyebut periode ini Learning Lab. Learning Lab We Create Change pertama akan diadakan secara online mulai tanggal 15 Oktober 2022 hingga 25 November 2022.

Di mana Learning Lab akan diadakan?

Learning Lab We Create Change pertama akan diadakan secara online selama 6 minggu di akhir pekan. Detail lebih lanjut akan diberikan kepada kandidat yang sudah terpilih.

Kapan Learning Lab akan diadakan?

Learning Lab We Create Change pertama akan diadakan selama 6 minggu mulai tanggal 15 Oktober 2022 hingga 25 November 2022 di akhir pekan. Detail lebih lanjut akan diberikan kepada kandidat yang sudah terpilih.

Apakah kamu harus bayar untuk ikut program ini? 

Tidak. Kamu tidak harus membayar apa pun untuk ikut program ini. Kamu hanya perlu melalui proses seleksi.

Apakah saya akan mendapat uang saku?

Change.org akan memberikan pulsa atau kuota internet untuk mendukung kegiatan pelatihan online ini, namun Change.org tidak memberikan uang saku dalam bentuk lainnya kepada changemakers terpilih.

Apakah ada persyaratan untuk Learning Lab

Changemakers terpilih akan diminta untuk menggunakan Zoom, WhatsApp, Google Documents, dan media sosial secara ekstensif. Kamu harus terbiasa menggunakan internet dan memiliki koneksi internet yang stabil serta smartphone atau komputer.

Bagaimana saya mendaftar untuk We Create Change?

Klik change.org/wecreatechange untuk mengisi formulir pendaftaran online .Saat mendaftar, kamu akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang akan menentukan keikutsertaanmu di program ini. Pendaftaran akan tutup tanggal 15 September 2022

Berapa lama proses seleksinya?

Proses seleksi terdiri dari 2 tahap: tugas tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara. 

Dalam tugas tertulis, kami ingin tahu lebih banyak tentang kamu, masalah yang ingin kamu tangani, dan mengapa kamu ingin bergabung dengan program We Create Change untuk mempelajari keterampilan kampanye digital. Kami akan menilai tugas dan menghubungi kamu untuk mengatur wawancara.

Wawancara akan berlangsung singkat, berlangsung sekitar 15 menit, di mana kami akan bertanya lebih lanjut tentang tugas tertulis dan minat kamu pada program We Creates Change. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan apapun kepada kami.

Berapa lama waktu diberikan untuk konfirmasi keikutsertaan saya?

Setelah kamu menyelesaikan dua tahap seleksi, kamu akan menerima surat persetujuan. Kamu harus mengonfirmasi partisipasi kamu dengan melengkapi surat perjanjian tersebut dalam waktu 48 jam.

Apa yang akan saya pelajari di Learning Lab?

Learning Lab We Create Change akan fokus pada:

  • Cara membuat dan menjalankan kampanye yang sukses
  • Bagaimana berpikir kritis tentang suatu masalah dan menemukan solusi
  • Bagaimana membangun dukungan dengan komunitas online, menggunakan alat/media online, dan menjangkau komunitas pribadi Anda.
  • Cara menjangkau pembuat keputusan, pemberi pengaruh, dan media
  • Bagaimana mengembangkan konten yang efektif yang menjangkau masyarakat luas
  • Membangun jaringan dengan pembuat perubahan iklim dari seluruh Indonesia

Siapa yang akan melakukan memimpin sesi pelatihan?

Berbagai pembicara dan fasilitator dari Change.org maupun dari luar organisasi. Para pembicara tidak hanya akan berbagi keahlian mereka tetapi juga pengalaman hidup mereka untuk membantu kamu menyempurnakan keterampilan dan cerita personalmu.

Siapakah peserta lainnya? 

Mereka semua adalah changemakers perubahan iklim dari seluruh Indonesia yang berusia antara 18-35 tahun. Kebanyakan dari mereka sedang dalam proses memulai kampanye mereka sendiri atau sukses memulai petisi Change.org.

Akankah changemakers terpilih mendapatkan sertifikat di akhir program?

Setelah kamu menyelesaikan bagian online dari We Create Change Learning Lab, kamu akan menerima sertifikat. Akhir dari Learning Lab hanyalah awal dari perjalanan setiap changemakers. Beberapa kampanye berjalan untuk waktu yang lama dan, tentu saja, setiap changemakers akan memiliki lebih dari satu kampanye selama perjalanan mereka. Dengan mengingat hal ini, keanggotaan dalam komunitas We Create Change adalah seumur hidup.

Apa yang terjadi setelah saya menyelesaikan program?

Setelah program selesai, kamu akan menjadi 1 dari 30 changemakers yang membentuk komunitas We Create Change. Kamu akan mendukung mereka dan akan menerima dukungan mereka untuk mendorong perubahan lingkungan. Komunitas We Create Change akan terhubung melalui kanal komunikasi yang disepakati bersama dan akan menjadi ruang belajar dan berfokus pada dampak yang ditujukan untuk kolaborasi memimpin kampanye iklim.

Apakah boleh jika saya hanya menghadiri sebagian acara?

Program ini dirancang untuk membangun keterampilan kampanye dan komunikasi peserta secara bertahap dalam waktu 6 minggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu hadir dalam semua kegiatan. Kamu akan belajar dan terlibat sepenuhnya dengan sejumlah profesional terlatih dan beberapa juru kampanye. Karena materi program yang padat dan waktu yang terbatas, kami membutuhkan komitmen dari semua peserta untuk menghadiri semua sesi selama program ini.

Written by
emutia
September 1, 2022 3:28 am